-->

.

INFO ANEH | UNIK | MISTERI | TIPS & TRIK | SEHAT | FOTO & VIDEO

Mengatasi Busi Honda BeAT yang Sering Mati



Hallo detikOto, salam Otolovers. Saya menggunakan Honda BeAT tahun 2010, kejadiannya saya bepergian ke Bukittinggi, tiba-tiba mesin mati. Setelah diperiksa rupanya businya mati.

Padahal sebelumnya saya sudah ganti busi merk DENSO U24EPR9 di AHASS Pariaman. Kejadian sudah sering berulang. Sekarang saya memakai busi NGK standar Honda BeAT.

Yang saya tanyakan busi apa yang cocok untuk motor saya ini, NGK tipe apa? dan DENSO tipe apa?

Terima kasih
Aflizar.
Pariaman, Sumbar

Jawaban:

Menanggapi masalah Bapak Aflizar, jika motor mengalami sering mati atau businya mati, coba periksa hasil pembakaran motor dengan melihat ujung elektroda pada businya seperti apa?

Kalau kondisi elektroda busi basah sudah bisa dipastikan busi sering mati, hal ini bisa terjadi bila setelan karburator terlalu boros atau kemungkinan ada oli mesin yang masuk ke ruang bakar. 

Kalau kondisi elektroda busi putih/ kering sekali, kemungkinan setelan karburatornya terlalu irit dan karena panas, bisa menyebabkan elektroda busi meleleh dan busi mati.

Idealnya warna elektroda busi merah bata (tanda stelan karburator pas atau ideal). Busi standart BeAT sesuai regulasi pabrikan adalah CPR 8EA-9 (NGK) dan U24 EPR 9 (Denso)

Demikian, semoga membantu
Salam
Andriyanto-Bintang Motor

[source: oto.detik.com]

0 komentar - Tambahkan Komentar

Poskan Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...